TAHFIDZ PARTNER


TAHFIDZ PARTNER

451

TAHFIDZ PARTNER

Belakangan ini muncul banyak sekali sekolah-sekolah yang menjadikan Tahfidzul Quran sebagai salah satu program yang masuk ke dalam kurikulum sekolah. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan program tersebut sebagai program unggulan.

Namun begitu, banyak dari sekolah-sekolah tersebut hanya mewacanakan program tahfidz tanpa benar-benar memiliki kompetensi pendukung yang maksimal. Walhasil, target yang diharaapkan tidak tercapai.

Pondok Pesantren Modern Muhammadiyaah SUBULUS SALAM – MARGADANA, sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang pendidikan yang sejak dibangun telah bertekad untuk mencetak huffadz Al-Quran 30 juz, selalu mencari dan mencari teknik terbaik untuk mewujudkan cita-citanya. Dan kini PPMM SUBULUS SALAM kembali meluncurkan “jurus” terbaru me-mutqin-kan hafalan santri. Jurus itu kami beri nama Tahfidz Partner

Tahfidz Partner adalah program baru pendukung program tahfidz 30 juz Al-Quran untuk seluruh santri. Program ini dilakukan di dua waktu selepas sholat fardu  bakda Subuh - pukul 06.45 dan bakda Maghrib - Isya.

Program ini ditemani dua musyrif berkompeten di bidang tahfidz yang akan membimbing, menemani, memberi arahan, hingga memberi motivasi-motivasi agar santri selalu semangat saat menghafal dan memurojaah.

Para santri akan diarahkan untuk membentuk shaf dan berhadapan dengan pasangannya masing-masing sesuai kadar hafalannya. Saat intruksi ‘mulai’ disampaikan, maka para santri akan bergegas menghafal ayat demi ayat dengan semangat, kemudian menyetorkannya kepada pasanangannya masing-masing.

Teknik ini akan merangsang hirrah santri saat pasangannya lebih dulu menyelesaikan hafalan ayat yang sama. Disamping itu, hafalan santri pun mulai terbantu lewat samai (pendengaran) bacaan pasangannya. Ia pun akan berusaha menghafal sebaik mungkin tanpa ada salah kata ataupun harakah sehingga bisa meminimalisir kesalahan hafalan para santri.

Sungguh mulia para penghafal Al-Quran. Bagimana tidak, Rasulullah sendiri yang mengatakan :

قال : "يقال لقارئ القرآن اقرأ وارتق ورتل كما كنت ترتل في الدنيا، فإن منزلتك عند آخر آية تقرؤها".
}
أخرجه أبو داود{

“Kelak akan dikatakan kepada orang yang membaca (menghafal) Al-Qur’an, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah seperti engkau mentartilnya di dunia dulu, karena tempat kedudukanmu ada pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).


(Penulis : Ustadz Mubarok)

Berita Terbaru

Berprasangka Baiklah Kepada Allah

Berprasangka Baiklah Kepada Allah

EKSPEDISI KAKI GUNUNG SLAMET

EKSPEDISI KAKI GUNUNG SLAMET

SAPALA GEMAFISA

SAPALA GEMAFISA

HOLIDAY WITH  SANTRI

HOLIDAY WITH SANTRI

Banner

Pencarian

Kalender

Oktober 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31