NEWS UPDATE :  

IN NEWS

Wejangan Mudir PPM Subulussalam Kota Tegal Kepada Santri Pasca Liburan Ramadhan

Tegal- Pada hari Sabtu, tanggal 20 April 2023, para santri PPM Subulussalam Kota Tegal mulai  kembali lagi ke pondok pesantren, setelah menikmati liburan Ramadhan selama 20 hari. Dengan rentang waktu liburannya yang bisa dikatakan cukup lama, maka para santri harus mendapatkan charge yang bisa menumbuhkan semangat mereka sekembalinya dari liburan. Oleh karena itulah, maka pondok pesantren mengupayakan hal terbaiknya, yaitu tausiyah singkat dari Mudir dan halal bihalal antara santri dan para ustadzah sekalian. Hal ini dilakukan untuk tujuan agar para santri kembali bersemangat dalam mencari ilmu di pesantren dan menjaga tali silaturrahim antara santri dan ustadz-ustadznya.

Pada kesempatan yang baik ini Mudir Ma’had menggaris bawahi dua hal penting untuk disampaikan, yaitu tidak adanya niatan untuk mendzalimi dan adab. “Demi Allah, tidak ada sedikitpun dari kami untuk mendzalimi kalian, kami hanya ingin terus menjadikan kalian bermanfaat kelak nantinya. Kesalahan kalian telah kami maafkan, tidak kami anggap kesalahan yang kalian lakukan, sebagai kesalahan, tetapi janganlah sekali-kali meremehkan hal itu” ucap Mudir dalam menjelaskan betapa ikhlasnya para Ustadz pengajar ketika mengajar para santrinya. “Alhamdulillah sampai saat ini kami tidak mendapatkan laporan bahwa santri Subulussalam Kota Tegal kurang dalam memiliki adab, termasuk yang kemarin mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, semuanya bagus” tambah beliau yang menyatakan bahwa adab itu penting untuk dilakukan para santri, sebab adab adalah pangkal dari segalanya.

Dengan suntikan motivasi dan wejangan dari Mudir, para santri pun akhirnya kembali bersemangat dalam melanjutkan perjalanannya untuk menuntut ilmu. Untuk menambah lagi semangat para santri, maka di akhir acara ini, para santri diwajibkan mengikuti laporan atau cerita-cerita yang didapatkan oleh peserta pengabdian masyarakat, yang diikuti oleh kelas tiga dan enam.

 

(Jurnalis ‘Abqory)  

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rasulillah syyidina muhammad ibni abdillah, Amma Ba'du

Puji syukur kita haturkan kepada Allah subḥānahu wataʿālā, atas izin dan ridho-nya Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Subulus Salam Kota Tegal berdiri tahun 2016, menyungsung tekad mencetak kader persyarikatan secara khusus dan kader ummat secara umum yang unggul dalam ilmu danadab serta mengembangkan potensi bakat yang dimiliki para santri sebagai anugrah dan sang pencipta agar berguna bagi diri, keluarga dan masyarakat di dunia dan akhirat.