NEWS UPDATE :  

Berita

Coba Tadabburi Alam, Tim SAPALA Subulusalan Datangi Permadi Jungle

Tegal- Salah satu agenda rutin tahunan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (PPMM) Subulusalam Kota Tegal adalah melakukan tadabur alam. Agenda ini secara rutin dilakukan setiap tahun oleh tim (Santri Pecinta Alam) SAPALA Subulusalam, yang berisikan santri kelas 4, 5 dan 6. Pada tahun 2023 ini, tempat yang menjadi tujuan tadabbur alam adalah Permadi Camp, atau jalur pendakian gunung Slamet. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari dua malam yang dilakukan pada hari jum’at siang hingga ahad sore, tepatnya pada tanggal 15-17 September 2023.

Walaupun jarak yang ditempuh juga cukup jauh, dan memakan waktu yang cukup lama, namun hal ini tidak membuat para santri mengeluh. Sebab, sesampainya di sana, mereka diharuskan untuk segera mendirikan tenda untuk menjadi tempat tinggal sementara di sana. Begitu juga ketika mereka dihantam oleh hujan, meskipun ada kegiatan yang tertunda karena ada hujan, tetapi mental para santri cukup kuat, sehingga tidak terlalu terpengaruh dengan adanya hujan yang menerpa mereka.

Selama tiga hari dua malam, para santri dibina untuk mengenal lebih dekat dengan Allah SWT lewat tanda-tanda ciptaan-Nya di alam semesta raya ini. Selain itu, mereka juga dipahamkan tentang perjuangan hidup, sebagaimana pendaki yang memiliki fisik kuat. Selanjutnya para santri juga diberi pemahaman tentang pertolongan pertama ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama masalah kesehatan. Di akhir kegiatan, para santri diberikan kebebasan untuk merasakan keindahan alam ciptaan-Nya.

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah washolatu wasalamu ala rasulillah syyidina muhammad ibni abdillah, Amma Ba'du

Puji syukur kita haturkan kepada Allah subḥānahu wataʿālā, atas izin dan ridho-nya Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Subulus Salam Kota Tegal berdiri tahun 2016, menyungsung tekad mencetak kader persyarikatan secara khusus dan kader ummat secara umum yang unggul dalam ilmu danadab serta mengembangkan potensi bakat yang dimiliki para santri sebagai anugrah dan sang pencipta agar berguna bagi diri, keluarga dan masyarakat di dunia dan akhirat.